ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENGELOLAAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Main Article Content

Masri Ermawijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem dan prosedur pengelolaan keuangan dengan menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), dalam penyusunan laporan keuangan Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Musi Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan tenaga operator aplikasi SIMDA dan dokumentasi berupa sistem dan prosedur dalam pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Dalam Sistem dan Prosedur pelaporan keuangan sudah berjalan dengan baik namun dalam mengoperasikan Aplikasi SIMDA masih terdapat kendala yaitu lemahnya jaringan, perangkat dan menu dalam komputer yang tersedia tidak sesuai dengan menu aplikasi SIMDA, dan kurangnya tenaga skill yang mengoperasikan Aplikasi SIMDA. Upaya yang dilakukan agar Penyusunan laporan keuangan sesuai dengan aturan dan penerapan dalam Aplikasi SIMDA yaitu dengan cara penyempurnaan dan peningkatan jaringan, seperti disediakannya perangkat komputer yang cukup dan memadai di seluruh perangkat daerah dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah adalah Server nya pelaporan keuangan bagi Perangkat Daerah (PD)  Kabupaten Musi Banyuasin, peningkatan versi komputer yang lebih canggih dan mendukung efektivitas  pelaporan keuangan, adanya peningkatan bimbingan teknis dan pembinaan bagi tenaga operator dalam pengoperasian Aplikasi SIMDA, sehingga kekeliruan dalam penginputan data, proses dan pelaporan dapat diminimalisir.

Article Details

How to Cite
ERMAWIJAYA, Masri. ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENGELOLAAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 141-159, aug. 2021. ISSN 2620-6110. Available at: <http://jurnal.stier.ac.id/index.php/ak/article/view/197>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51877/jiar.v4i2.197.
Section
Articles