PENERAPAN PERATURAN PERPAJAKAN NOMOR 46 TAHUN 2013 DALAM PENENTUAN EFEKTIVITAS, KONTRIBUSI, LAJU PERTUMBUHAN PENERIMAAN PAJAK UMKM TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PPh PASAL 4 AYAT 2 PADA KPP PRATAMA SEKAYU

  • Hj. Endang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah

Abstract

Tujuan   penelitian  ini adalah untuk mengetahui penerapan PP Nomor 46 tahun 2013 dalam penentuan efektivitas, Kontribusi, laju pertumbuhan penerimaan pajak UMKM terhadap Penerimaan Pajak PPh Pasal 4 Ayat 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan data primer dan sekunder berupa data penerimaan pajak UMKM dengan cara dokumentasi, wawancara dan studi pustaka.  Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan  menunjukkan bahwa efektivitas penerimaan pajak UMKM berdasarkan PP No. 46 tahun 2013 dan kontribusi terhadap PPh pasal 4 ayat 2 pada KPP Pratama Sekayu masih cenderung kurang efektif dan kurang berkontribusinamun laju pertumbuhan penerimaan yang tidak sebanding dengan jumlah wajib pajak yang membayar pajak yang masih sedikit. Secara garis besar permasalahannya dipengaruhi oleh tingkat kepatuhan dan atau persepsi wajib pajak yang masih rendah, kurang maskimalnya pelayanan yang diberikan serta kurangnya kuantitas pegawai KPP Pratama Sekayu. Upaya-upaya yang harus dilakukan oleh pihak KPP Pratama Sekayu dalam mengoptimalkan penerimaan pajak UMKM adalah dengan mengadakan sosialisasi, promosi, rnendatangi wajib pajak secara langsung, menumbuhkan kesadaran wajib pajak untuk datang ke KPP Pratarna Sekayu dan mengadakan kegiatan ekstern yang dapat mengajak dan menjaring wajib pajak baru.

Published
2018-10-23
How to Cite
ENDANG, Hj.. PENERAPAN PERATURAN PERPAJAKAN NOMOR 46 TAHUN 2013 DALAM PENENTUAN EFEKTIVITAS, KONTRIBUSI, LAJU PERTUMBUHAN PENERIMAAN PAJAK UMKM TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PPh PASAL 4 AYAT 2 PADA KPP PRATAMA SEKAYU. Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 52 - 68, oct. 2018. Available at: <http://jurnal.stier.ac.id/index.php/ak/article/view/34>. Date accessed: 12 nov. 2018.