PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA ALFA STUDIO SEKAYU

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ropal Tores

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi terhadap peningkatan volume penjualan pada Alfa Studio Sekayu. Dalam meningkatkan penjualan perusahaan dituntut untuk melakukan kegiatan pemasaran yang lebih efektif dalam mencari solusi dan strategi untuk dapat terus bertahan dalam persaingan dunia usaha yang ketat.


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan pada Alfa Studio Sekayu, sumber data penelitian ini data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan transaksi pada Alfa Studio Sekayu, sampel dalam penelitian ini berjumlah 70  orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu accidental sampling (sampel kebetulan) yaitu peneliti mengambil sampel dari orang-orang yang kebetulan berada di wilayah sekitar objek penelitian pada waktu pengamatan karena setiap unsur dalam populasi tidak memiliki kesempatan atau peluang yang sama dalam metode pengambilan sampelnya. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 20 dengan teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, koefisien determinasi, dan uji t (uji hipotesis).


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi (X) berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan (Y), hal ini didapat dari berdasarkan nilai korelasi sebesar 0,849 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang bearti promosi dan volume penjualan memiliki hubungan yang sangat kuat, Pada uji determinasi Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,849 artinya bahwa variabel promosi mempengaruhi volume penjualan sebesar  72,1%, sedangakan sisanya 27,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada uji t (uji hipotesis), didapatkan nilai thitung > ttabel yaitu 13,244 > 1.995 dan dikuatkan oleh sig. T sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya promosi berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan.


 


Kata kunci : Promosi, Volume Penjualan, Alfa Studio Sekayu.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Kutipan
TORES, Ropal. PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA ALFA STUDIO SEKAYU. Jurnal Manajemen Kompeten, [S.l.], v. 3, n. 1 Juni, p. 52-65, juli 2020. ISSN 2621-5381. Tersedia pada: <http://jurnal.stier.ac.id/index.php/mnjm/article/view/144>. Tanggal Akses: 25 jan. 2021
Bagian
Articles