Pengaruh Costumer Bonding Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kedai Remaja Sekayu

Main Article Content

Sri Gustini Ade Nia Suryani Aan Mahendri

Abstract

Pemasaran dilakukan bukan semata-mata hanya untuk mendapatkan konsumen, kegiatan pemasaran yang baik adalah sekaligus untuk mempertahankan konsumen yang telah ada maupun meraih kembali konsumen yang telah meninggalkan pemasar. Ada berbagai macam strategi untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan konsumen yaitu strategi yang tidak hanya memuaskan konsumen saja, tetapi menjaga agar mereka tidak berpaling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden dengan menggunakan rumus Maholtra. Metode pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada konsumen Kedai Remaja Sekayu. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi, analisis korelasi, analisis determinasi dan uji t. Hasil dari penelitian ini berupa ada pengaruh costumer bonding terhadap loyalitas konsumen pada Kedai Remaja Sekayu. Pengaruh tersebut bernilai positif yang berarti apabila costumer bonding ditingkatkan maka loyalitas konsumen juga akan meningkat. Hubungan antara costumer bonding dan loyalitas konsumen pada Kedai Remaja Sekayu menunjukkan hubungan yang sedang  (R=0,567). Koefisien determinasi atau angka R square adalah sebesar 321 yang artinya adalah 32,1% variabel costumer bonding berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Kedai Remaja Sekayu.


 


Kata Kunci: Costumer Bonding, Loyalitas Konsumen.

Article Details

How to Cite
GUSTINI, Sri; SURYANI, Ade Nia; MAHENDRI, Aan. Pengaruh Costumer Bonding Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kedai Remaja Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 13-26, aug. 2022. ISSN 2621-5381. Available at: <http://jurnal.stier.ac.id/index.php/mnjm/article/view/238>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.51877/mnjm.v5i1.238.
Section
Articles