Penerapan Analisis Swot Sebagai Strategi Dalam Menghadapi Dampak Perekonomian Masyarakat Di Era Pandemi (Studi Koperasi Kredit Sentosa, Kota Palembang)

Main Article Content

Agustinus Supriyanto Grace Twenty Agustine

Abstract

Penelitian ini mencoba menganalisis penerapan analisis SWOT sebagai strategi dalam menghadapi dampak perekonomian masyarakat di era Pandemi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Metode menggunakan analisis S.W.O.T (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Hasil yang diperoleh  antara lain kopdit Sentosa telah melaksanakan operasional kegiatan usaha koperasi sesuai dengan UU No. 25 tahun 1992 serta peraturan lainnya yang terkait. Secara umum selalu mendampingi usaha anggota yang bersifat produktif, pendampingan yang dilakukan  bermanfaat bagi anggota untuk dapat menumbuhkan jiwa kreatifitas dan berani membuat terobosan-terobosan yang akan menghasilkan inovasi bagi anggota koperasi. Strategi bisnis yang perlu diterapkan meliputi pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan keuangan, pengelolaan pemasaran, serta pengelolaan infrastruktur di lingkungan koperasi. 


 


Kata kunci: Analisis SWOT

Article Details

How to Cite
SUPRIYANTO, Agustinus; AGUSTINE, Grace Twenty. Penerapan Analisis Swot Sebagai Strategi Dalam Menghadapi Dampak Perekonomian Masyarakat Di Era Pandemi (Studi Koperasi Kredit Sentosa, Kota Palembang). Jurnal Manajemen Kompeten, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 64-77, aug. 2022. ISSN 2621-5381. Available at: <http://jurnal.stier.ac.id/index.php/mnjm/article/view/242>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51877/mnjm.v5i1.242.
Section
Articles