PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEAGAMAAN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT

Main Article Content

Badrudin Badrudin Ade Iwan Ridwanullah Tia Rohmawati

Abstract

ABSTRAK


Kepemimpinan dan kompensasi di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat masih belum optimal. Kurangnya pengawasan pemimpin terhadap kinerja pegawai mengakibatkan tugas yang tidak tercapai, beban kerja yang tidak seimbang, dan tingkat kehadiran yang rendah. Kompensasi yang kurang memadai juga berdampak pada kebutuhan pegawai yang tidak terpenuhi dan penurunan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis  pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja pegawai di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto, mengumpulkan data melalui kuesioner, dan menganalisis data dengan uji instrumen, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai. Sehingga hipotesis 1 dan 2 diterima. Analisis regresi berganda menghasilkan persamaan Y = -3,256 + 0,248X1 + 0,860X2, menunjukkan bahwa kedua variabel berkontribusi positif terhadap kepuasan kerja pegawai. Selain itu, kepemimpinan dan kompensasi juga berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja, dengan f hitung yang melebihi f tabel dan signifikansi kurang dari 0,05. Tingkat pengaruh kedua variabel ini cukup kuat, dengan koefisien determinasi sebesar 0,587, sementara faktor-faktor lain juga memengaruhi kepuasan kerja pegawai.


Kata Kunci: Kepemimpinan, Kompensasi, Kepuasan Kerja Pegawai

Article Details

How to Cite
BADRUDIN, Badrudin; RIDWANULLAH, Ade Iwan; ROHMAWATI, Tia. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEAGAMAAN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. Jurnal Manajemen Kompeten, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 14-22, jan. 2024. ISSN 2621-5381. Available at: <http://jurnal.stier.ac.id/index.php/mnjm/article/view/322>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51877/mnjm.v6i2.322.
Section
Articles